Pemkab Klaim Lebih Dari 34 ribu Warga Garut Telah Jalani Swab Test

- 7 November 2020, 16:05 WIB
 Bupati Garut Rudy Gunawan, saat memimpin Rapat Masa Darurat Covid-19, di Ruang Pamengkang Pendopo Garut, Sabtu malam 19 September 2020, bersama unsur Forkopimda dan jajaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut.*
Bupati Garut Rudy Gunawan, saat memimpin Rapat Masa Darurat Covid-19, di Ruang Pamengkang Pendopo Garut, Sabtu malam 19 September 2020, bersama unsur Forkopimda dan jajaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut.* /Deni Septyan/Diskominfo Garut

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah melakukan uji swab terhadap lebih dari 34 ribu masyarakat di Kabupaten Garut. Uji swab ini dinilai sudah melebihi kewajiban melakukan uji swab menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berjumlah 27 ribu tes.

“Jadi Garut telah melaksanakan swab hari ini sekitar 34 ribu lebih, sedangkan yang kewajiban kami menurut WHO itu adalah 27 ribu. Jadi kami sudah melebihi daripada 6 ribu lebih,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam siaran pers, Sabtu 7 November 2020.

Meskipun begitu, lanjutnya, dalam rangka tracing dan testing, Pemda akan terus melakukan uji swab, menyusul munculnya kluster baru, selain kluster pesantren seperti kluster keluarga dan kluster komunitas.

Baca Juga: Stadion Sidolig Direnovasi, Oded Pastikan Mess Persib Tidak Pindah

Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan uji swab terhadap masyarakat yang memiliki kontak erat dengan orang yang positif Covid-19 serta orang yang bergejala saja.

“Jadi tracing yang akan dilakukan bilamana ada satu keluarga yang positif, maka yang kontak erat yang gaul setiap hari lebih dari pada dua hari itu dilakukan tracing, meskipun tanpa gejala. Sedangkan ke yang sekitar kita lakukan ke yang bergejala,” lanjut Bupati.

Saat ini, Bupati menilai ketersediaan PCR (Polymerase Chain Reaction) di Kabupaten Garut sudah mencukupi kebutuhan untuk tes.

Baca Juga: Persiapan Jelang Piala Dunia U-20, Stadion Sidolig Direnovasi

“Saya kira PCR kami cukup, kami mendapatkan bantuan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Pemda pun menyediakan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah),” kata Rudy.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x