Jawa Barat Berpotensi Hujan Lebat Sampai 16 April 2024

- 15 April 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat /Netizen PRFM Twitter @algifs

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jawa Barat berpotensi diguyur hujan lebat sampai Selasa 16 April 2024.

BMKG menyebut potensi hujan lebat di Jawa Barat diprediksi terjadi sejak 13 April sampai 16 April 2024.

Oleh karena itu, Sekda Jabar, Herman Suryatman mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2024 untuk waspada dan hati-hati selama di perjalanan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap mewaspadai potensi bencana yang mungkin terjadi selama perjalanan arus balik," kata Herman dalam keterangan resmi Pemprov Jabar yang diterima Redaksi PRFM.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa BArat (BPBD Jabar) mencatat 13 laporan kejadian bencana pada periode 11-12 April 2024, seperti bencana banjir di Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi, dan bencana longsor di sejumlah daerah di Jabar.

Herman menuturkan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan masyarakat selama menjalani perjalanan arus balik Lebaran. Pertama, melakukan pantauan cuaca sebelum melaksanakan perjalanan melalui berbagai kanal informasi, seperti BMKG.

"Pastikan jalur perjalanan yang akan dilewati tidak terhambat oleh perisiwa bencana yang menyebabkan lajur jalan tidak bisa dilalui kendaraan dengan memantau informasi di media sosial," tuturnya.

Selain itu, Herman juga meminta masyarakat untuk memastikan kendaraan dalam keadaan baik untuk dikendarai perjalanan jauh, dan menghentikan kendaraan dan menepi di tempat yang aman dalam bangunan yang kokoh jika terdapat potensi cuaca ekstrem.

"Jika melaksakan perjalanan ke tempat wisata pastikan untuk mengetahui potensi bencana yang mengancam di lokasi tersebut melalui aplikasi inarisk personal yang dapat diunggah di playstore maupun apple store," kata Herman.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x