Ada Potensi Cuaca Ekstrem Saat Arus Mudik, Pemprov Jabar Lakukan Mitigasi Bencana

- 27 Maret 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem.
Ilustrasi cuaca ekstrem. /ArtSpark/Pixabay

PRFMNEWS - Berdasarkan data dari BMKG, masih ada potensi cuaca ekstrem terjadi tepat pada masa arus mudik balik lebaran 2024 mendatang.

Karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melakukan mitigasi pencegahan bencana akibat cuaca ekstrem di jalur mudik.

Di masa arus mudik nanti, masyarakat diimbau mewaspadai banjir, longsor, dan angin puting beliung dan membekali diri dengan informasi yang cukup tentang cuaca saat melakukan perjalanan mudik.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar A. Koswara menyampaikan, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Jabar pada saat arus mudik H-10 dan arus balik H+5.

Baca Juga: BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik-Balik Lebaran 2024 Terutama pada Periode Tanggal ini

Untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan, Dishub Jabar berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR).

Melalui koordinasi antarlembaga yang intens, Dishub bisa cepat memutuskan untuk melakukan pengalihan lalu lintas jika misalnya terjadi banjir atau longsor yang menghambat pemudik.

"Yang kita utamakan keselamatan masyarakat," ujar Koswara usai Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi dalam Rangka Arus Mudik Lebaran di Gedung Sate, Bandung, Selasa, 26 Maret 2024.

Menurut Koswara, Dishub memperhitungkan semua langkah untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik, termasuk menjauhkan pemudik dari titik bencana.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x