Bey: Pemprov Jabar Minta ke Jokowi Agar Rute Kereta Cepat Bandung-Surabaya Lewat Bandara Kertajati

- 8 Maret 2024, 21:00 WIB
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin /ANTARA/Ricky Prayoga

PRFMNEWS – Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengaku sudah mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar proyek pembangunan kereta cepat rute Bandung-Surabaya dilanjutkan dan melewati kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Bey Machmudin ingin kehadiran kereta cepat Bandung-Surabaya yang terhubung Bandara Kertajati Majalengka akan semakin mempermudah akses masyarakat menjangkau bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) itu.

“Bocoran sedikit, kami telah meminta kepada Bapak Presiden Jokowi supaya kereta cepat Bandung-Surabaya itu dilanjutkan. Terutama supaya lewat Kertajati,” kata Bey saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara peresmian salah satu sarana olahraga di Majalengka, Jumat 8 Maret 2024.

Bey meyakini apabila kereta cepat Bandung-Surabaya hadir dengan rute melintasi kawasan Bandara Kertajati Majalengka, maka ini akan menjadi salah satu cara meningkatkan jumlah penumpang yang melakukan penerbangan di bandara tersebut.

“Karena potensi pasarnya sangat tinggi khususnya pada kota/kabupaten di Jawa Barat maupun provinsi lainnya,” ucap dia.

Oleh sebab itu, Bey atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mendorong usulan ini mendapatkan persetujuan dari Presiden Jokowi agar aktivitas penerbangan di bandara internasional terbesar di Jawa Barat tersebut semakin ramai.

“Mudah-mudahan Bapak Presiden mengabulkan (jalur kereta cepat Bandung-Surabaya dilanjutkan),” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak Kementerian BUMN berkolaborasi untuk mempromosikan Bandara Kertajati supaya lebih banyak masyarakat yang tertarik bepergian melalui fasilitas penerbangan tersebut.

Bey menyebut kolaborasi ini bisa diterapkan, dengan mengangkat sektor pariwisata maupun mengadakan ajang bertaraf internasional di Bandara Kertajati.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x