TPSA Mekarsari Ditargetkan Beroperasi Akhir Januari Tahun ini

- 8 Januari 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA)
Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) /PRFM

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menargetkan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulon, dapat digunakan akhir bulan Januari tahun 2024 ini.

Beroperasinya TPSA Mekasari akan menjadi solusi atas penutupan TPSA Pasirsembung yang dijadikan hutan kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur, Ahmad Rifai menjelaskan, pembangunan TPSA baru dilaksanakan pemerintah pusat seluas 20 hektar terletak di sebelah utara dari pusat kota Cianjur atau 28 kilometer dari TPSA Pasirsembung.

Baca Juga: Giliran Zulkifli Hasan Makan Bersama Presiden Jokowi, Isi Obrolan Terungkap

"TPAS pengganti itu, dalam masa pengerjaan oleh pemerintah pusat, ditargetkan dapat digunakan untuk pembuangan sampah sementara di bulan ini seluas 4.000 meter sebelum pembangunan tuntas dilakukan karena Cianjur krisis tempat pembuangan sampah," paparnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Minggu 7 Januari 2024.

Ahmad menegaskan, Pemerintah Kabupaten Cianjur akan fokus pada pembangunan infrastruktur jalan ke lokasi TPSA Mekarsari agar truk pengangkut sampah dapat melintas dengan aman serta menuntaskan permintaan warga di sekitar lokasi yang akan dilalui berkoordinasi dengan dinas terkait.

Dibeberka Ahmad, persyaratan yang diajukan warga yang sudah menerima pemindahan TPSA ke Mekarsari, mengajukan sejumlah permintaan seperti jaminan kesehatan, penerangan jalan umum, hingga jaminan pasokan air bersih yang akan ditindaklanjuti dinas terkait.

Baca Juga: Cerita Sejarah Dibalik Peristiwa Persib Ganti Tanggal Lahir dari 14 Maret 1933 jadi 5 Januari 1919

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait agar seluruh permintaan warga sebelum TPSA beroperasi sudah terpenuhi. Sehingga akhir bulan Januari pembuangan sampah ke lokasi yang baru sudah dapat berjalan sambil menunggu pembangunan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x