Jelang Nataru, Basarnas Jabar Siagakan 94 Personel di Sejumlah Titik Rawan di Wilayah Jabar

- 20 Desember 2023, 10:45 WIB
Apel Siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Apel Siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. /HUMAS KANTOR SAR BANDUNG/

PRFMNEWS - Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Jawa Barat, menyiagakan 94 personel berikut dengan peralatan lengkap untuk membantu penyelamatan di kawasan objek wisata, pelabuhan, maupun ruas jalan raya untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat selama operasi pengamanan akhir tahun yakni libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Basarnas Bandung Hery Mirasantika menyebut Tim Basarnas Bandung bakal disiagakan dalam rangka menyambut momen Nataru. Siaga SAR berlangsung selama 21 hari sejak tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"Dalam rangka meningkatkan pengamanan dan kesiapsiagaan pada Natal 2023 dan tahun baru 2024, Basarnas Bandung melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal dan tahun baru 2024," kata dia.

Baca Juga: Pemerintah Buka Posko Pusat Terpadu Masa Libur Nataru, Intip Fasilitas dan Fungsinya

Hery menyebut sekitar 94 petugas SAR akan disiagakan di titik yang dinilai rawan terutama di simpul kepadatan lalu lintas dan keramaian wisatawan. Titik yang dinilai rawan itu seperti Pantai Pangandaran hingga Pantai Santolo di Garut.

"Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Tol Cipali KM 102, Tol Cipali KM 166 dan KM 164, Kapal Negara (KN) SAR 206 Bandung di Pelabuhan Cirebon, Lingkar Gentong Tasikmalaya, Mobile Nagreg, Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut dan Waduk Cirata," ucap dia.

Hery memperkirakan akan banyak masyarakat yang berlibur terutama dalam momen pergantian tahun. Maka dari itu, Tim SAR harus bersiaga sebab BMKG mencatat curah hujan dan gelombang tinggi berpotensi memicu bencana hidrometeorologi.

"BMKG juga memperkirakan akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang di Jawa Barat," ujar dia.

Baca Juga: Sederet Persiapan Pemkot Bandung Guna Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat Selama Libur Nataru

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x