PUPR Ungkap Progres Pembangunan Akses Tol ke Stasiun Kereta Cepat Karawang

- 21 November 2023, 14:00 WIB
Stasiun Kereta Cepat Karawang
Stasiun Kereta Cepat Karawang /KCIC/

PRFMNEWS – Kementerian PUPR menyampaikan update proyek pembangunan akses jalan tol menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang, Jawa Barat. Saat ini, progresnya masuk dalam tahap pembebasan lahan.

"Kita sedang melakukan pembebasan lahannya dengan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 20 November 2023.

Hedy menambahkan, setelah pembebasan lahan yang tengah dikebut prosesnya ini selesai, pihaknya akan segera melanjutkan untuk mulai konstruksi pembangunan jalan tol menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang ini pada tahun 2024.

Baca Juga: Ada Stasiun Whoosh di Karawang, Bey Minta Pemkab Segera Siapkan Integrasi Transportasi Massal

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah mengirimkan surat kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar proyek aksesibilitas jalan tol ke Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang dimasukkan ke dalam proyek strategis nasional (PSN).

Setelah dimasukkan ke PSN, kemudian dilakukan pembebasan lahan, sehingga proyek bisa dibiayai LMAN.

Sebelumnya, PT KCIC berkomitmen untuk menyiapkan akses menuju area Stasiun Kereta Cepat Whoosh yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik di wilayah Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Penyediaan akses tersebut dapat dilakukan melalui dukungan besar dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta, dan para operator transportasi untuk mewujudkan aksesibilitas dan integrasi antar moda yang baik bagi penumpang KA Cepat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x