Bey Machmudin Siapkan Cara Baru Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti dengan Lumpur Sungai Citarum

- 13 September 2023, 08:40 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat tinjau TPA Sarimukti di Bandung Barat hari ini Selasa, 12 September 2023.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat tinjau TPA Sarimukti di Bandung Barat hari ini Selasa, 12 September 2023. /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengatakan akan menerapkan cara baru untuk memadamkan kebakaran TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Penggunaan lumpur oleh BPBD Jabar jadi metode tambahan yang bakal diterapkan untuk pemadaman api.

Rencana BPBD Jabar menggunakan lumpur untuk menimbun jalur jalan sebagai proses membuka jalan-jalan baru menuju titik api guna mempercepat proses pemadaman kebakaran TPA Sarimukti ini disampaikan Bey Machmudin saat mengecek ke lokasi, Selasa 12 September 2023.

Bey Machmudin menjelaskan, penggunaan lumpur menjadi cara baru yang akan diupayakan setelah upaya pemadaman konvensional dan water bombing (bom air) dari helikopter belum berhasil maksimal untuk menjinakkan api di gunungan sampah TPA Sarimukti.

Baca Juga: Ambil Alih Penanganan Kebakaran TPA Sarimukti, Bey Machmudin: Jabar Siapkan Rp5,8 M Guna Padamkan Kebakaran

Bey mengungkapkan pula bahwa selain menggunakan lumpur yang rencananya diambil dari Sungai Citarum, petugas di lokasi juga telah membuat jalan-jalan baru membelah gunungan sampah di TPA Sarimukti sehingga titik- titik api lebih mudah dijangkau untuk dipadamkan.

"Tadi saya melihat paparan dari pihak TNI dan Polri, saya optimistis akan teratasi dengan beberapa cara baru. Seperti dengan lumpur, dan juga akan diklaster dengan pembuatan jalan-jalan supaya lebih memudahkan lagi (menjangkau) ke titik-titik apinya. Mudah-mudahan dengan lumpur ini akan benar-benar (bisa) memastikan api padam " ungkap dia.

Kemudian Bey menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar juga akan menggandeng BMKG untuk percepatan pemadaman api yakni apabila dimungkinkan dibantu membuat hujan buatan.

Baca Juga: Bey Machmudin Klaim Kebakaran TPA Sarimukti Sudah Padam 50 Persen

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x