Meningkatkan Ekonomi Jabar Melalui Potensi di Kawasan Metropolitan Rebana

- 29 Agustus 2023, 12:30 WIB
Kepala Badan Pengelola kawasan Metropolitan Rebana, Bernardus Djonoputro.
Kepala Badan Pengelola kawasan Metropolitan Rebana, Bernardus Djonoputro. /PRFM/

PRFMNEWS - Salah satu dari tiga kawasan metropolitan di Jawa Barat (Jabar) adalah kawasan metropolitan rebana yang mencakup tujuh kabupaten/kota di wilayah utara Jabar meliputi kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang.

"Total penduduk di wilayah metropolitan Rebana ada sekitar 10 juta hari ini," kata Kepala Badan Pengelola kawasan Metropolitan Rebana, Bernardus Djonoputro dalam podcast catatan PRFM di kanal Youtube Radio PRFM 107.5 News Channel.

Kata pria yang akrab disapa Berni ini, di Metropolitan Rebana ini terdapat banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi Jabar.

Baca Juga: Pembangunan Jabar di Era Ridwan Kamil Dipenuhi Inovasi dan Kolaborasi yang Berkelanjutan

Bahkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sangat optimis daerah metropolitan Rebana ini bisa sangat tumbuh ekonominya dengan segala potensi yang ada di kawasan tersebut.

"Ke depan, Pak Gubernur (Ridwan Kamil) melihat bahwa wilayah ini menjadi potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi yang sangat besar," kata Berni.

Untuk memaksimalkan potensi di kawasan metropolitan Rebana ini ada rencana pembentukan 13 kota baru di mana kota-kota baru ini akan menjadi kota berbasis industri.

"Artinya akan dibangun kegiatan-kegiatan ekonomi pengungkit seperti industri modern, kemudian industri masa depan yang akan mengungkit dan membangun kota-kota di Rebana ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x