Penjelasan Ridwan Kamil soal Penyebab Kebakaran TPA Sarimukti Bandung Barat Sulit Padam

- 25 Agustus 2023, 13:00 WIB
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023.
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023. /Damkar Kabupaten Bandung/

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkap penyebab api kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sulit dipadamkan.

Ridwan Kamil memastikan meski hingga Kamis, 24 Agustus 2023 kebakaran gunungan sampah di TPA Sarimukti belum juga padam, sejumlah upaya telah dilakukan untuk menjinakkan kobaran api yang mulai muncul sejak Sabtu lalu.

“Tim Forkopimda Pemprov Jabar, Forkopimda Kab. Bandung Barat sudah di lapangan untuk memadamkan. Belasan Truk Damkar sudah dikerahkan,” ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis di Instagram pribadinya, Kamis 24 Agustus 2023.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti, Hengky Kurniawan Minta Bantuan Bom Air dari Pemerintah Pusat

Adapun penyebab kenapa kebakaran di TPA Sarimukti sulit dipadamkan hingga berhari-hari, ujar Ridwan Kamil, karena besarnya gas metana yang terjebak di dalam tumpukan sampah.

Gas metana ini terpantik oleh api yang berada di permukaan tumpukan sampah sehingga menyala dan merambat melalui bawah gunungan sampah di zona TPA Sarimukti yang mengalami kebakaran.

“Sampai hari ini karena situasi yang kompleks (api dari gas metana bawah permukaan dan musim kemarau), sehingga belum sepenuhnya bisa dikendalikan. Mohon doanya. Kami terus berupaya,” jelas Kang Emil.

Baca Juga: Usai Telepon Ridwan Kamil, Hengky Kurniawan Tetapkan Darurat Bencana Kebakaran TPA Sarimukti

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x