43 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal di Tanah Suci

- 4 Juli 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi jemaah haji.
Ilustrasi jemaah haji. /PRFMNEWS/

PRFMNEWS - Terdapat 43 jemaah haji asal Jawa Barat (Jabar) dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi. Para jemaah haji tersebut berasal dari 19 kabupaten/kota baik yang masuk dalam kelompok penerbangan (Kloter) Jakarta maupun Majalengka.

Menurut Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar, Boy Hari Novian, data kematian jemaah haji asal Jabar tersebut terlaporkan hingga Sabtu 1 Juli 2023 kemarin.

"Totalnya ada 43 jemaah yang wafat di tanah suci, rinciannya 35 jemaah berasal dari kloter JKS dan 8 masuk kloter KJT," ujar Boy saat dihubungi, Senin 3 Juli 2023.

Baca Juga: Menag Yaqut Komitmen Perbaiki Layanan Haji

Boy menuturkan, jemaah haji yang wafat langsung dimakamkan di Tanah Suci. Hal itu berdasar sesuai aturan dan telah mendapat persetujuan dari pihak keluarga jemaah haji

"Kalau lokasinya ada di yang di Mina, ada yang tempat lain. Mereka langsung dimakamkan di sana, disalatkan di sana," sambungnya.

Sementara itu, terkait asuransi bagi jemaah yang akan diberikan kepada ahli waris atau keluarga sesuai dengan aturan. Pasalnya setiap jemaah haji yang berangkat mendapatkan asuransi kematian dan kesehatan selama rangkaian ibadah haji.

Baca Juga: Arab Saudi Meminta Maaf Kepada Indonesia Soal Layanan Haji 2023

"Untuk ke keluarga itu nanti akan ada asuransi kalau yang wafat di Saudi ada asuransi," tandasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x