Ini Alasan DPRD dan Pemprov Jabar Usulkan 9 Daerah Otonom Baru

- 29 Juni 2023, 22:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Paripurna Persetujuan CDPOB Kabupaten Subang Utara dan Penyampaian Nota Gubernur Ranperda P2APBD Provinsi Jabar Barat di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa, 27 Juni 2023./Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Paripurna Persetujuan CDPOB Kabupaten Subang Utara dan Penyampaian Nota Gubernur Ranperda P2APBD Provinsi Jabar Barat di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa, 27 Juni 2023./Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/ /

PRFMNEWS - Saat ini sudah ada sembilan calon daerah otonom baru yang diusulkan DPRD Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ke Pemerintah Pusat.

Sembilan daerah yang diusulkan sebagai calon daerah otonom baru itu adalah Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat, dan yang terbaru Kabupaten Subang Utara.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan alasan pihaknya bersama DPRD Jabar mengusulkan pemekaran wilayah adalah untuk pemerataan pembangunan agar jauh lebih baik sehingga masyarakat bisa menjadi jauh lebih merasakan kesejahteraan.

Baca Juga: Daftar 9 Calon Daerah Otonom Baru di Jabar

"Total sudah sembilan daerah persiapan otonomi baru ini. Jadi mudah-mudahan di Pemerintah Pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat," ungkap Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil dalam rapat paripurna DPRD Jabar Selasa, 27 Juni 2023.

Disampaikan Kang Emil, saat ini dengan berbagai keterbatasan pembangunan di Jabar sudah berjalan dengan baik.

Nantinya saat pemekaran wilayah terjadi, Kang Emil berharap pembangunan di Jabar akan jauh lebih baik lagi.

Baca Juga: Jabar Usulkan Pemekaran 9 Daerah Baru, Ini yang Baru Disetujui

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x