Ridwan Kamil Ungkap 6 Fakta Terbaru Tol Cisumdawu, Nyambung ke Cipali hingga Jadwal Peresmian oleh Jokowi

- 11 April 2023, 19:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /TOMMY RIYADI/PRFM


PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan fakta terbaru pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) jelang masa mudik Lebaran 2023.

Update 6 fakta operasional Tol Cisumdawu jelang mudik Lebaran 2023 yang diungkap Ridwan Kamil antara lain, jalur yang terhubung ke Tol Cipali, jadwal dibuka, hingga rencana kapan Tol Cisumdawu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Fakta pertama, Ridwan Kamil menyatakan Tol Cisumdawu seluruh seksi akan bisa digunakan sebagai jalur mudik Lebaran 2023, namun khusus Seksi 4-6 akan dibuka secara fungsional.

Baca Juga: Cileunyi Akan Tembus ke Cipali via Cisumdawu Mulai 15 April, Tapi Ada Waktunya

Kedua, Tol Cisumdawu bisa dilalui pemudik dari arah Bandung yang ingin mengarah ke Tol Cipali untuk melanjutkan perjalanan ke wilayah Jawa Tengah-Jawa Timur lewat Pantura Jawa seperti Semarang hingga Surabaya.

Ketiga, Ridwan Kamil menambahkan, Tol Cisumdawu yang tersambung ke arah Tol Cipali selama mudik Lebaran 2023 baru dibuka untuk dilintasi satu arah.

“(Tol Cisumdawu) Sudah tembus ke (Tol) Cipali Kertajati, hanya masih bersifat satu arah. Berita baiknya, Tol Cisumdawu sudah tembus Cipali per tanggal 15 April, yang mau mudik silakan memanfaatkan, pemandangannya indah sekali,” kata Ridwan Kamil usai meninjau kesiapan penggunaan Tol Cisumdawu untuk jalur mudik, Senin 10 April 2023.

Baca Juga: Begini Skema Lalu Lintas di Tol Cisumdawu Seksi Cimalaka-Dawuan yang Akan Dibuka Secara Fungsional untuk Mudik

Keempat, Gubernur menyatakan jalur Tol Cisumdawu yang terhubung ke Tol Cipali selama dibuka secara fungsional sebagai jalur mudik 2023 hanya boleh dilintasi pada pukul 06.00-15.00 WIB.

Untuk mencegah kelelahan pemudik saat berkendara, telah disediakan pula area istirahat berupa rest area sementara dan fasilitas lainnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x