Sekda Provinsi Jabar Paparkan Inovasi Digital Jabar di Seminar Internasional

- 22 Juli 2022, 12:00 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. /Pemprov Jabar

PRFMNEWS - Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, memaparkan terkait inovasi digital Jawa Barat di Seminar Internasional bernama International Conference of Economic Business and Goverment Challenges (ICEBGC) 2022.

Setiawan hadir via telekonferensi, dirinya menjadi keynote speaker di acara tersebut dengan kegiatan yang bertemakan The Digital Transformation Research and Business Breakthrough in Agile Leadership yang berlangsung di Ballroom Isyana Hotel Bumi Surabaya pada Kamis, 21 Juli 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Setiawan menyampaikan materi terkait Digital Leadership atau kepemimpinan digital dalam pemulihan ekonomi selama dan setelah pandemi COVID-19.

"Inovasi menjadi keharusan di tengah tiga disrupsi yakni disrupsi industri 4.0, disrupsi pandemi COVID-19, dan disrupsi akibat perubahan iklim. Inilah tripel disrupsi dalam konteks global, maka kita membutuhkan urgensi terhadap inovasi," kata Setiawan.

Baca Juga: Ini Persimpangan di Kota Bandung yang Paling Banyak Pelanggaran Lalu Lintasnya

Setiawan mengatakan, bahwa disrupsi ini dapat menghadirkan perubahan kebiasaan pada konsumen, misalnya ketika ingin membeli sesuatu tidak perlu pergi ke toko, bisa melalui online.

Selain itu, untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan perekonomian, kepemimpinan digital akan mengembangkan ekosistem data terlebih dahulu.

Karena data merupakan hal utama dalam menentukan suatu keputusan atau kebijakan.

Dengan data yang matang dan baik, reformasi birokrasi serta transformasi digitalisasi pelayanan publik dijalankan. Sehingga, dengan bantuan teknologi, kesejahteraan masyarakat diharapkan dapat terakselerasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x