Begini Cara Pemkab Pangandaran Jalankan Adaptasi Kebiasaan Baru

- 1 Juni 2020, 13:18 WIB
OBJEK wisata pantai Pangandaran masih tampak sepi pengunjung sejak ditutup pada saat pandemi Covid-19 merebah di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat.*
OBJEK wisata pantai Pangandaran masih tampak sepi pengunjung sejak ditutup pada saat pandemi Covid-19 merebah di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat.* /AGUS KUSNADI/KP/

BANDUNG,(PRFM) - Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang masuk kategori zona biru (moderat). Maka dari itu, Kabupaten Pangandaran diperbolehkan melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, mulai 2 Juni 2020 besok, pihaknya tidak akan lagi melakukan karantina kepada siapapun yang datang ke Pangandaran. Meski demikian, siapapun yang datang ke Pangandaran harus dibarengi dengan surat keterangan bebas covid-19.

"Mulai hari Selasa besok kita tidak akan mengkarantina kembali karena kemarin kan kondisional karena kebiasaan orang untuk mudik ke Pangandaran. Tapi kita tetap melakukan saringan dimana orang yang ke Pangandaran harus disertai dengan surat keterangan sehat dan harus dilampiri dengan hasil tes rapid," kata Jeje saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: Ini Kunci Sukses Kota Tegal Hingga Masuk Zona Hijau dan Mulai Jalani New Normal

Meski akan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB), Jeje meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti di rumah saja, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan tetap menggunakan masker.

"Sekarang rata-rata warga Pangandaran sudah terbiasa pakai masker," ujarnya.

Jeje mengatakan jika kini pihaknya akan mengawasi betul setiap kendaraan yang masuk dan keluar Pangandaran. Salah satunya adalah dengan mewajibkan lampiran surat keterangan bebas covid-19 bagi semua warga yang akan memasuki Pangandaran.

Sebagaimana diketahui, Pangandaran merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Barat. Rencananya lokasi wisata di Pangandaran akan mulai dibuka pada 5 Juni 2020 mendatang.

Baca Juga: Pemkab Sumedang Terus Lakukan Sosialisasi dan Simulasi Terkait AKB

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x