Perbuatan Ferdian Paleka Dinilai Cederai Pelaku Kreatif Lainnya

- 4 Mei 2020, 11:42 WIB
Ferdian Paleka Prank Waria
Ferdian Paleka Prank Waria /@Youtube

BANDUNG,(PRFM) - Nama Ferdian Paleka kini menjadi buah bibir warganet karena ulahnya membuat 'prank' kepada waria. Dia memberikan bungkusan sampah kepada waria yang dia unggah ke youtube.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjajaran (Unpad) serta pakar Komunikasi Dadang Rahmat Hidayat menilai apa yang dilakukan oleh Ferdian mencederai para pelaku kreatif lainnya.

"Prank aja sebenarnya udah ga baik ya apalagi kemudian terkait dengan nilai-nilai umum yang kita anut. Dan sebenarnya ini bagi saya mencederai bagi pembuat konten kreatif yang positif," sebutnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (4/5/2020).

Baca Juga: Sedang Dekontaminasi Ruangan, RS AMC Bantah Tolak Rawat Kakek yang Meninggal di Angkot

Maka dari itu, Dadang menegaskan perlu kesadaran dari masing-masing pelaku konten creator dan warga untuk membuat sebuah konten yang tak melanggar nilai-nilai umum.

Bahkan, dia menegaskan perlu adanya sanksi bagi setiap konten creator yang mencederai nilai-nilai umum.

"Sanksi memang kadang-kadang tidak harus sanksi formal. Kalau masyarakatnya aware tindakan seperti itu apalagi di dunia online jadi sanksi sosial juga sangat penting," tegasnya.

Baca Juga: Modus Mudik di Tengah Pandemi yang Akhirnya Disuruh Putar Balik

Sebelum Ferdian, sudah banyak youtuber yang melakukan prank. Saat mendapat respon negatif dari warganet biasanya mereka langsung menyampaikan permohonan maaf.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x