Sudah Diteliti, Tulang yang Ditemukan di Waduk Saguling adalah Fosil Hewan Purba

- 20 Oktober 2021, 16:39 WIB
Salah satu fosil hewan purba yang ditemukan di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat.
Salah satu fosil hewan purba yang ditemukan di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat. /dok ITB


PRFMNEWS - Tim peneliti dari ITB baru-baru ini melakukan penelitian terhadap temuan fosil-fosil di pulau Sirtwo di tengah Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat yang berasal dari laporan warga.

Dari pengamatan di 17 titik terungkap fakta bahwa tulang yang ditemukan pada batuan sepanjang pulau itu adalah fosil hewan purba.

KK Paleontologi dan Geologi Kuarter, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Mika Rizki Puspaningrum, S.Si., M.T, Ph.D. mengatakan, fosil-fosil yang ditemukan berasal dari kelompok Bovidae (sapi, kerbau dan banteng), Cervidae (kelompok rusa) dan Elphas maximus (gajah).

Baca Juga: Warga Temukan Benda Diduga Fosil Tulang Hewan Purba di Waduk Saguling Bandung Barat

"Fosil-fosil yang ditemukan di permukaan dan juga yang telah terekspos kemudian diangkat dan disimpan oleh pihak yang berwenang di lokasi. Berdasarkan temuan tersebut, tim berhasil mengidentifikasi fosil-fosil yang telah dikumpulkan," ujar Mika dikutip dari siaran resmi ITB, Senin 18 Oktober 2021.

Fosil hewan purba ditemukan di objek wisata Pulau Sirtwo, pulau-pulau di sekitar Bendungan Saguling, yang dulunya dimanfaatkan warga untuk menambang pasir.

"Sambil mengeksplorasi pulau, Pak Rizky (penggiat Pemandu Geowisata Indonesia) mendapatkan laporan dari warga sekitar yang bernama Pak Jahidin mengenai batuan yang seperti tulang," jelasnya.

Pulau Sirtwo, sebuah pulau di tengah Waduk Saguling tempat ditemukannya fosil hewan purba.
Pulau Sirtwo, sebuah pulau di tengah Waduk Saguling tempat ditemukannya fosil hewan purba. /dok ITB

Baca Juga: Heboh Penemuan Fosil Paus Berkaki Empat di Mesir, Bobot Total Diperkirakan Capai 600 Kilogram

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah