Begini Upaya BPJS Kesehatan Jabar untuk Penuhi Target Kinerja Tahun 2021 dan 2022

- 12 Oktober 2021, 20:14 WIB
BPJS Kesehatan menargetkan penambahan FKTP dan FKRTL
BPJS Kesehatan menargetkan penambahan FKTP dan FKRTL /dok BPJS Kesehatan


PRFMNEWS - BPJS Kesehatan menargetkan penambahan jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerja sama pada tahun 2021 dan 2022.

Hal ini sesuai dengan Keputusan DJSN tentang Penetapan Target Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2021 dan Tahun 2022 yang disampaikan kepada Presiden RI per tanggal 30 Juni 2021.

Meresponnya, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat telah menandatangani Berita Acara Perencanaan Kebutuhan FKRTL dalam Program JKN Tahun 2021-2022 Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan pada tanggal 4 Agustus 2021.

Baca Juga: 165 Nomor Care Center Baru Dari BPJS Kesehatan

Ilustrasi pelayanan kesehatan.
Ilustrasi pelayanan kesehatan. /dok BPJS Kesehatan

Kerjasama itu berisikan upaya kedua belah pihak untuk memastikan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi Peserta Program JKN-KIS, baik melalui optimalisasi FKRTL yang telah menjadi provider JKN, maupun mendorong FKRTL untuk menjadi provider JKN, serta upaya-upaya lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat telah menyampaikan data rumah sakit dan klinik utama yang terdaftar. Asosiasi Klinik (ASKLIN) Jawa Barat yang juga telah menyampaikan data klinik pratama dan klinik utama yang teregistrasi. Data tersebut merupakan data potensi fasilitas kesehatan kerjasama.

"Kami terus berupaya meningkatkan layanan kepada peserta JKN-KIS, salah satunya dengan penambahan fasilitas kesehatan kerjasama, tentunya yang memenuhi syarat sesuai regulasi yang berlaku,” jelas Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan Fachurrazi, Selasa 12 Oktober 2021.

Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan Fachurrazi
Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan Fachurrazi /dok BPJS Kesehatan

Berdasarkan hasil perumusan kebutuhan FKRTL Kerjasama per Kabupaten Kota, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat membutuhkan 22 FKRTL guna memenuhi target hingga akhir Desember 2021. FKRTL tersebut dapat berupa rumah sakit ataupun klinik utama.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x