Makna Kemerdekaan di Tengah Pandemi Covid-19, Ridwan Kamil: Ubah Kesedihan Jadi Semangat Gotong Royong

- 17 Agustus 2021, 10:19 WIB
Tangkapan layar. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat menjadi inspektur Upacara Pengibaran Merah Putih Tingkat Provinsi Jabar hari ini, Selasa 17 Agustus 2021, di Gedung Sate Kota Bandung.
Tangkapan layar. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat menjadi inspektur Upacara Pengibaran Merah Putih Tingkat Provinsi Jabar hari ini, Selasa 17 Agustus 2021, di Gedung Sate Kota Bandung. /Kanal YouTube Humas Jabar

PRFMNEWS - Upacara Pengibaran Merah Putih Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali digelar hari ini, Selasa 17 Agustus 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung.

Dipimpin langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, menyampaikan beberapa pesan penting dalam memeringati Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dikutip dari kanal YouTube Humas Jabar, dalam pidatonya Ridwan Kamil membandingkan semangat pada masa revolusi kemerdekaan, dengan kondisi saat ini berjuang melawan pandemi virus corona.

Rasa senasib sepenanggungan, sama-sama dirasakan saat melawan penjajah dulu, dan saat ini sedang berada pada situasi pandemi.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil: Jangan Sia-Siakan Pengorbanan Para Pahlawan Kemerdekaan

Baca Juga: Ini Harapan Oded di HUT ke-76 RI

"Jika pada masa revolusi kemerdekaan kita memiliki rasa senasib dan sepenanggungan, maka di masa pandemi ini perasaan senasib dan sepenanggungan serta kekuatan keilmuan Insya Allah akan mengubah kesedihan, keputusasaan, mejadi semangat pantang menyerah bergotongroyong, untuk menghadapi pandemi Covid-19," ujar Ridwan Kamil.

Buktinya, lanjut Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, pada Juni 2021 lalu Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling dermawan.

Menurut Emil, hal tersebut membuktikan jika pandemi telah meningkatkan rasa empati masyarakat Indonesia untuk saling membantu satu sama lain.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x