UPDATE GEMPA : BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi Sukabumi Sore Ini

- 27 April 2021, 17:31 WIB
ILUSTRASI gempa bumi.*
ILUSTRASI gempa bumi.* /DOK. PR/


PRFMNEWS - Gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi pada sore ini, Selasa 27 April 2021 pukul 16.23 WIB. BMKG sebelumnya menyebut kekuatan gempa 5.6 M, lalu kemudian diupdate menjadi Magnitudo Mw 5.0.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,74 Lintang Selatan dan 106,92 Bujur Timur , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 89 km arah Selatan Kota Sukabumi, pada kedalaman 58 kilometer. Namun gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi.

Baca Juga: Gempa Sukabumi Terasa Hingga Bandung dan Jakarta dengan Skala II MMI, Apa Artinya?

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi," ujar Bambang dalam keterangan resminya.

Selain itu Bambang menuturkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki pergerakan mendatar (strike slip).

Terkait gempa susulan, hingga pukul 17.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca Juga: GEMPA TERKINI: Warga Bandung Rasakan Gempa, Ini Informasi Resmi dari BMKG

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," sambungnya.

Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x