Prabowo Bertemu Zelenskyy, Ucapkan Selamat dan Minta Dukungan RI untuk Kedaulatan Ukraina

Tayang: 3 Juni 2024, 13:00 WIB
Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Situasi di Gaza, juga menjadi agenda pembahasan antara Prabowo dan Zelenskyy, dimana Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.
Situasi di Gaza, juga menjadi agenda pembahasan antara Prabowo dan Zelenskyy, dimana Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik. //Kemenhan.go.id

PRFMNEWS - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di sela-sela gelaran Dialog Shangri-La, Singapura, Minggu, 2 Juni 2024.

Zelenskyy mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo dalam pemilihan umum Indonesia 2024.

“Kami menantikan dukungan Indonesia terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina,” kata Zelenskyy, dikutip dari laman resmi kepresidenan Ukraina.

Selain itu, pertemuan kedua negara bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan mengatasi isu global yang mendesak.

Baca Juga: Pesan Jokowi untuk Prabowo-Gibran yang Ditetapkan Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

"Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan," ujar Prabowo.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Sabtu, 1 Juni 2024 itu, kedua belah pihak menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah terjadinya sejumlah konflik, tantangan keamanan global dan regional, serta ancaman terorisme.

Kedua negara sepakat melakukan dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

Isu-isu kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza, juga menjadi agenda pembahasan. Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub