Gempa M 7,6 di Jepang : 6 Orang Tewas, Layanan Kereta Api Ditangguhkan, Bandara Ditutup, Listrik Dimatikan

- 2 Januari 2024, 12:00 WIB
Dampak gempa yang melanda Jepang hari ini.
Dampak gempa yang melanda Jepang hari ini. /KYODO/via REUTERS

PRFMNEWS - Gempa bumi dahsyat mengguncang Semenanjung Noto di pantai barat laut Jepang, diikuti lebih dari 50 gempa susulan. Dilaporkan akibat gempa tersebut, setidaknya enam orang dilaporkan tewas di Prefektur Ishikawa di Laut Jepang, setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,6 melanda wilayah tersebut pada Senin sore, 1 Januari 2024.

Badan Meteorologi Jepang telah menurunkan seluruh peringatan tsunami di sepanjang Laut Jepang menjadi peringatan. Namun badan tersebut mendesak warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa dan tsunami lebih lanjut.

Berdasarkan video yang ditampilkan oleh NTV setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,6 tersebut, kebakaran besar terjadi di Kota Wajima dan tampaknya menyebar ke beberapa bangunan. Kota tersebut dilanda tsunami setinggi 1,2 meter, yang terbesar dilaporkan oleh NHK.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Umumkan Peringatan Tsunami Usai Diguncang Gempa Dahsyat Magnitudo 7,4

Kepala Sekretaris Kabiet Jepang Yoshimasa Hayashi dalam jumpa pers mengatakan 6 kasus bangunan ambruk dengan orang-orang terperangkap di dalamnya telah dilaporkan setelah gempa pada Senin.

Polisi di Ishikawa mengatakan seorang pria lanjut usia dipastikan tewas setelah diselamatkan dari rumah yang runtuh. Mereka mengatakan mereka telah mengkonfirmasi kematian lima orang lainnya.

Pemadam kebakaran mengatakan mereka telah menerima lebih dari 50 laporan tentang rumah yang runtuh.

Mereka juga menanggapi laporan adanya orang-orang yang terjebak di bawah bangunan yang rusak. Pihak berwenang dan rumah sakit mengatakan kepada NHK bahwa puluhan orang terluka di empat prefektur lain termasuk Niigata dan Toyama.

Pejabat kota di Wajima mengatakan kebakaran terjadi di pusat kota, merusak lebih dari 50 toko dan rumah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x