Kemenag Imbau Penerbangan Umrah Jemaah Asal Jabar Dilakukan di Kertajati

- 30 Oktober 2023, 16:00 WIB
Suasana di Bandara Kertajati setelah resmi beroperasi penuh pada Minggu, 29 Oktober 2023.
Suasana di Bandara Kertajati setelah resmi beroperasi penuh pada Minggu, 29 Oktober 2023. /Pikiran Rakyat/Tati Purnawati/

PRFMNEWS - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, secara resmi kembali beroperasi pada Minggu, 29 Oktober 2023 kemarin untuk penerbangan domestik dan internasional.

Karena itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengimbau penyelenggara umrah di Jabar untuk memanfaatkan layanan penerbangan di Kertajati.

Kata Hilman, Jabar merupakan daerah dengan jumlah jemaah haji maupun umrah yang banyak. Karena itu Kemenag pun akan mengoptimalkan keberadaan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji dan umrah.

Baca Juga: Menhub Pastikan Penerbangan Haji dan Umrah Warga Jabar Akan Dipindah ke Kertajati

"Jawa Barat merupakan provinsi dengan jemaah haji terbanyak. Untuk itu akan kita optimalkan tahun depan seiring dengan adanya kuota tambahan. Kami juga mengimbau penyelenggara umrah dan calon jemaah umrah turut memanfaatkan dan meramaikan Bandara Kertajati," tuturnya.

Mulai Minggu kemarin, ada setidaknya ada tujuh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung yang dipindah ke Kertajati.

Penerbangan tersebut adalah tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), serta Palembang (PLM). Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat jet maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet.

Sementara itu, rute penerbangan berjadwal luar negeri tujuan Kuala Lumpur, Malaysia telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023, serta penerbangan umrah dan haji.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x