Bantuan Obat-obatan dan Makanan Masuk ke Gaza Melalui Perbatasan Rafah, Israel Hanya Izinkan 20 Truk

- 22 Oktober 2023, 12:00 WIB
Truk-truk bantuan kemanusiaan pertama memasuki Jalur Gaza pada Sabtu, 21 Oktober 2023./Reuters.
Truk-truk bantuan kemanusiaan pertama memasuki Jalur Gaza pada Sabtu, 21 Oktober 2023./Reuters. /

PRFMNEWS - Konvoi bantuan kemanusiaan dari Mesir yang telah lama ditunggu-tunggu mulai bergerak ke Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah pada Sabtu, 21 Oktober. Ini adalah pengiriman bantuan pertama ke Gaza sejak konflik Hamas-Israel dimulai dua pekan lalu.

Melansir Reuters, Hamas mengatakan konvoi 20 truk tersebut membawa obat-obatan dan makanan dalam jumlah terbatas.

“Konvoi bantuan bantuan yang seharusnya masuk ke (Gaza) hari ini mencakup 20 truk yang membawa obat-obatan, pasokan medis, dan pasokan makanan (kalengan) dalam jumlah terbatas,” kata kantor media Hamas pada Sabtu.

Baca Juga: Begini Cara Tau Kapan Tiket Konser Ed Sheeran di Jakarta Dijual? Ikuti Biar Berhasil Dapat Tiket

Presiden AS Joe Biden menyambut baik kedatangan bantuan tersebut setelah berhari-hari melakukan negosiasi yang intens dan mengatakan Amerika Serikat berkomitmen untuk memastikan lebih banyak bantuan akan masuk melalui titik perbatasan Rafah di Jalur Gaza selatan dengan Mesir.

“Kami akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk menjaga penyeberangan Rafah tetap beroperasi,” kata Biden dalam pernyataannya.

Para pejabat PBB mengatakan sedikitnya 100 truk setiap hari dibutuhkan di Gaza untuk memenuhi kebutuhan mendesak, dan setiap pengiriman bantuan harus berkelanjutan dan dalam skala besar. Sebelum pecahnya konflik, rata-rata sekitar 450 truk bantuan tiba di sana setiap harinya.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Santri 2023, Desain Menarik Kekinian Sesuai Tema untuk Posting di Medsos dan WA

“Situasi kemanusiaan di Gaza – yang sudah genting – telah mencapai tingkat bencana. Saya yakin pengiriman ini akan menjadi awal dari upaya berkelanjutan untuk menyediakan pasokan penting – termasuk makanan, air, obat-obatan, dan bahan bakar,” kata kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths dalam sebuah pernyataan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x