Jokowi Kutuk Serangan Israel di Gaza, Ajak Pemimpin Dunia Bangun Solidaritas Global

- 20 Oktober 2023, 11:30 WIB
Presiden Jokowi saat berikan keterangan resmi terkait serangan Israel di Gaza Palestina Kamis, 19 Oktober 2023.
Presiden Jokowi saat berikan keterangan resmi terkait serangan Israel di Gaza Palestina Kamis, 19 Oktober 2023. /BPMI/

PRFMNEWS - Tindakan kekerasan kembali terjadidi kawasan Gaza, Palestina hingga menyebabkan banyak warga sipil meninggal dunia.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun mengecam tindakan kekerasan tersebut karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil, termasuk perempuan dan anak.

“Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil, termasuk perempuan dan anak,” ungkap Presiden dalam pernyataannya pada saat melakukan kunjungan kerja di Riyadh, Arab Saudi.

Baca Juga: Krisis Pangan Melanda Gaza, DT Peduli Salurkan Bantuan Makanan Siap Santap

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) 

Indonesia, lanjut Jokowi, turut mengutuk asli kejahatan Israel yang melakukan serangan ke Rumah Sakit Baptis Al-Ahli yang merupakan pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional.

Karena itu Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para Menteri Luar Negeri OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) di Jeddah dan terus mengupayakan evakuasi WNI yang saat ini masih terkendala kondisi lapangan.

“Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi. Indonesia bersama-sama dengan OKI mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, untuk menghentikan penggunaan kekerasan, untuk fokus pada masalah kemanusiaan, dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina,” tegasnya.

Baca Juga: Krisis Air Minum di Gaza, DT Peduli Salurkan Seratus Ribu Liter Air Bersih

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x