Ukraina Temukan Kuburan Massal, 440 Orang Dibunuh Tentara Rusia di Izyum

- 16 September 2022, 17:30 WIB
Kuburan massal yang diduga warga sipil di Bucha, Ukraina
Kuburan massal yang diduga warga sipil di Bucha, Ukraina /Reuters/

PRFMNEWS - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa,pihaknya telah menemukan kuburan massal di hutan dekat kota timur laut Izyum, beberapa hari setelah merebutnya kembali dari pendudukan pasukan Rusia.

Zelensky mengungkapkan penemuan situs pemakaman - berisi sekitar 440 mayat, hal tersebut dikatakannya dalam pidatonya di Ukraina pada Kamis, 15 September 2022.

“Prosedur yang diperlukan sudah dimulai di sana. Informasi lebih lanjut – informasi yang jelas dan dapat diverifikasi – harus tersedia besok,” kata Zelenskiy, setelah mengunjungi Izyum pada hari Rabu, 14 September 2022.

Baca Juga: Serasa Berkunjung Ke Rumah Oma, Inilah Hangatnya Restoran Keuken van Elsje yang Jadi Cagar Budaya Kota Bandung

Ukraina menuding ratusan mayat yang dikubur di sini merupakan korban invasi Rusia. Namun Zelensky memastikan pihaknya bakal menggali informasi lebih lanjut soal penemuan ini pada hari ini, Jumat 16 September 2022, dengan mendatangkan sejumlah wartawan Ukraina dan internasional untuk melaporkan secara langsung kondisi di situs pemakaman massal tersebut.

Zelensky menyebut pembunuhan di Bucha, di pinggiran ibukota Kyiv, di mana orang-orang Ukraina menemukan mayat warga sipil tergeletak di jalan-jalan pada awal April setelah tentara Rusia mundur.

Dia juga merujuk kota pelabuhan selatan Mariupol, di mana Ukraina mengatakan puluhan ribu warga sipil mungkin tewas dalam serangan Rusia dan pengepungan berkepanjangan.

Baca Juga: Jangan Langsung Minum Obat Saat Sakit, Coba Lakukan Hal ini dulu, kata dr. Zaidul Akbar

"Bucha, Mariupol, sekarang, sayangnya, Izyum...Rusia meninggalkan kematian di mana-mana. Dan itu harus dipertanggungjawabkan,” tegas Zelensky.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x