WHO Katakan Akhir Pandemi COVID-19 di Depan Mata, Apakah Masih Perlu Vaksin Booster?

- 16 September 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi kabar baik dengan mengatakan akhir pandemi COVID-19 sudah di depan mata.

Ini merupakan pandangannya yang paling optimistis tentang krisis kesehatan global yang telah menewaskan lebih dari enam juta orang di seluruh dunia sejak 2020.

"Kita belum sampai di sana (akhir pandemi). Tetapi ujungnya sudah terlihat," kata kepala organisasi kesehatan dunia itu, seperti yang dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Indonesia Bersiap Covid-19 Jadi Endemi, Satgas: Bertahap di Awal Tahun 2023

Tedros mengatakan pada jumpa pers bahwa angka kematian akibat COVID-19 pekan lalu turun ke tingkat yang tercatat pada Maret 2020.

Menurut badan kesehatan PBB itu, jumlah kematian akibat COVID-19 pada 5-11 September mencapai 10.935 jiwa di seluruh dunia, atau turun 22 persen dari angka selama sepekan sebelumnya.

Selain itu, jumlah kasus baru untuk pekan ini turun tajam sebanyak 28 persen menjadi 3,13 juta kasus.

Namun demikian, ia tetap mengimbau agar dunia dapat terus mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dan tetap waspada. Ia bahkan mengibaratkan posisi dunia melawan Covid-19 saat ini mirip seperti pelari maraton yang sedang mendekati garis akhir.

Baca Juga: Dishub Sebut Bus Jemputan ASN Kota Bandung Tidak Hanya Pakai Bus Sekolah Tapi Juga TMB

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x