Raja Charles III Resmi Dinobatkan Sebagai Penguasa Monarki Inggris yang Baru

- 12 September 2022, 07:45 WIB
Raja Charles
Raja Charles /PETER CZIBORRA/REUTERS

PRFMNEWS - Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai penguasa monarki Inggris yang baru pada pertemuan Dewan Aksesi di Istana St James, pada, Sabtu, 10 September 2022.

Charles naik takhta setelah sang ibunda, Ratu Elizabeth II, wafat pada Kami, 8 September 2022 di usia 96 tahun, dan saat ini Charles menyandang gelar sebagai Raja Charles III.

Upacara proklamasi itu berlangsung dengan khidmat di Istana Saint James, London, Inggris. Ia mengambil sumpah di hadapan ratusan Dewan Penasihat dan uskup Gereja Skotlandia, gereja yang bersumpah akan ia lindungi.

Baca Juga: Profil Singkat Charles III, yang Merupakan Raja Baru Inggris

Dalam pidato singkatnya, Charles juga mengenang jasa-jasa sang ibu sebagai pemimpin yang ia jadikan panutan.

"Ibu saya memberikan contoh cinta kasih seumur hidup dan pelayanan tanpa pamrih," ungkap Charles, seperti dikutip prfmnews.id dari Reuters.

"Kami berutang budi yang paling tulus kepada ibu kami; atas cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian dan teladannya," sambung dia.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Kini Menjadi Raja

"Pemerintahan ibu saya tidak ada bandingannya dalam durasi, dedikasi dan pengabdiannya. Bahkan ketika kami berduka, kami bersyukur atas kehidupan yang paling setia ini. Saya sangat menyadari warisan yang mendalam ini dan tugas dan tanggung jawab berat yang sekarang diwariskan kepada saya," kata Charles.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x