Bahas Isu Aneksasi Palestina, Menteri Luar Negeri Bakal Ikuti Pertemuan OKI

- 9 Juni 2020, 15:47 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi //Dok Humas Kemenlu.


BANDUNG, (PRFM) - Sekretariat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) telah mengundang seluruh negara anggota OKI untuk menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Luar Biasa OKI, yang akan diselenggarakan secara online pada Rabu, 10 Juni 2020.

Adapun pertemuan ini akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan bertindak sebagai Ketua Komite Eksekutif OKI.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas situasi terkini di Palestina, khususnya rencana Israel untuk menganeksasi sebagian wilayah Palestina di Tepi Barat, pasca kesepakatan pembentukan pemerintahan koalisi antara Benyamin Netanyahu dan Jenderal Benny Gantz.

Baca Juga: Mengaku Sakit Hati Sering Diejek, Seorang Pria Habisi Nyawa Pacar

Delegasi RI pada pertemuan tersebut direncanakan dipimpin langsung oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri RI akan menyampaikan pandangan Pemerintah RI serta usulan berupa langkah-langkah konkrit yang perlu dipertimbangkan OKI untuk mencegah aneksasi wilayah yang direncanakan oleh Israel tersebut.

Menurut rencana, pada akhir pertemuan, para menteri luar negari OKI akan mengesahkan dokumen akhir berupa resolusi.

Resolusi tersebut akan memuat antara lain dorongan kepada seluruh negara anggota OKI untuk mengambil langkah-langkah politik, hukum, dan ekonomi sebagai tanggapan atas rencana aneksasi wilayah Palestina oleh Israel tersebut.

Sekadar informasi, aneksari merupakan proses pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: KEMENLU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x