Cegah Corona, Korsel Gunakan Robot Barista

- 25 Mei 2020, 17:19 WIB
PENGUNJUNG kafe mengambil pesanan minumannya yang diantar oleh robot pelayan di Daejeon, Korea Selatan, Senin (25/5/2020).* ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/pras

BANDUNG,(PRFM) – Robot barista baru di sebuah kafe di Daejeon, Korea Selatan, tampak melayani pelanggan dengan sopan dan cepat.

Ia terlihat tidak memiliki kesulitan sama sekali dalam menjalankan tugasnya di tengah upaya pencegahan gelombang kedua wabah Corona.

"Ini teh latte almond Rooibos Anda, silakan menikmati. Ini akan terasa lebih nikmat jika Anda mengaduknya," katanya, saat pelanggan meraih minumannya dari atas nampan yang dipasang di dalam kapsul putih besar berkilau yang menyerupai komputer.

Dilansir dari ANTARA, setelah berhasil mengendalikan wabah virus Corona baru yang menginfeksi lebih dari 11.000 orang dan menewaskan 267 orang, Korea Selatan perlahan-lahan beralih dari aturan sosial jarak yang intensif menjadi apa yang oleh pemerintah disebut "menjaga jarak sosial dalam kehidupan sehari-hari".

Baca Juga: Robert Ingin Kesehatan dan Keselamatan Pemain Terjamin Saat Kembali Latihan

Robot dapat membantu orang menerapkan jarak sosial di tempat umum, kata Lee Dong-bae, direktur penelitian di Vision Semicon, pabrik teknologi pintar yang mengembangkan robot barista bersama dengan lembaga ilmu pengetahuan yang dikelola negara.

"Sistem kami tidak memerlukan interaksi dengan pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman, dan meja-meja disusun dalam jarak yang jarang untuk memastikan kelancaran pergerakan robot, yang sesuai dengan kampanye jarak sosial dan menjaga jarak saat ini," katanya.

Sistem itu, yang menggunakan lengan robot pembuat kopi dan robot penyajian, dapat membuat 60 jenis kopi yang berbeda dan menyajikan minuman kepada pelanggan di kursi mereka.

Itu juga dapat berkomunikasi dan mengirimkan data ke perangkat lain dan memiliki teknologi navigasi otomatis untuk menghitung rute terbaik di sekitar kafe.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: Antara, Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X