Ini Arti 'Meta’ Nama Baru Facebook yang Dijadikan Brand Baru Raksasa Teknologi Dunia

- 29 Oktober 2021, 10:55 WIB
CEO Facebook, Mark Zuckerberg resmi ganti nama perusahaan menjadi Meta/tangkapan layar Instagram
CEO Facebook, Mark Zuckerberg resmi ganti nama perusahaan menjadi Meta/tangkapan layar Instagram /@zuck

PRFMNEWS - CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg mengumumkan perusahaannya kini ganti nama menjadi 'Meta' mulai Kamis, 28 Oktober 2021 kemarin.

Nama tersebut sebagai upaya rebranding di mana fokus perusahaan ke depan tidak hanya menjadi sekadar media sosial, tetapi juga hendak membuat dunia virtual yang disebut 'Metaverse'.

Metaverse merupakan istilah yang diciptakan dalam novel dystopian 'Snow Crash' yang dipublikasi pada tiga dekade lalu.

Baca Juga: Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Siap Wujudkan Dunia Virtual Masa Depan berjuluk Metaverse

Istilah 'metaverse' merujuk pada dunia virtual di mana orang-orang terhubung sebagai avatar dan dapat bertemu di versi digital dari berbagai tempat dan periode waktu dengan menggunakan perangkat masing-masing.

Lantas apa sebenarnya arti kata Meta yang menjadi nama baru perusahaan Facebook?.

Menurut Zuckerberg, nama Meta berasal dari kata Yunani yang berarti 'melampaui'. Nama ini melambangkan bahwa akan ada lebih banyak kecanggihan yang bisa dibangun oleh perusahaan miliknya itu.

“Saya memilih nama Meta sebagai nama perusahaan ini karena mencerminkan luasnya apa yang kami lakukan dan masa depan yang ingin kami bantu ciptakan," ucap Zuckerberg dikutip dari nationalworld.com hari ini Jumat, 29 Oktober 2021.

Baca Juga: La Nina Diprediksi Muncul Akhir Tahun di Indonesia, ini Dampaknya untuk Pertanian dan Perikanan

“Bagi saya, Meta juga melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun, selalu ada bab selanjutnya dari cerita," tambahnya.

Ayah dua anak itu membayangkan, jika suatu saat perusahaan raksasa teknologinya itu menjadi ‘keluarga aplikasi’ yang digunakan orang untuk berkomunikasi satu sama lain, untuk saling mendengarkan suara mereka, untuk memulai bisnis, komunitas, dan gerakan yang mampu mengubah dunia.

“Melampaui batasan layar, melampaui batas jarak dan fisika untuk menuju masa depan di mana setiap orang dapat hadir satu sama lain, menciptakan peluang baru dan mengalami hal-hal baru,” tutur Zuckerberg.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: National World


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x