Manfaat Sehat Konsumsi Bawang merah

- 10 Maret 2020, 21:52 WIB
Bawang merah.
Bawang merah. /Pixabay

BANDUNG, (PRFM) - Bawang merah memiliki hubungan erat dengan kuliner Indonesia. Sebab, Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia.

Penyedap rasa makanan dengan aroma khas menyengat ini pun sangat mudah ditemukan dan menjadi hasil pertanian unggulan di Indonesia.

Apa saja manfaat kesehatan bagi kita saat mengonsumsi bawang merah? Berikut rangkumannya seperti disitat dari laman Boldksy.

Turunkan kadar kolesterol

Selain menjaga tekanan darah agar tetap stabil, kandungan allicin dalam bawang merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Senyawa pada bawa merah allicin dapat menghasilkan enzim yang disebut dengan reductase yang berfungsi mengendalikan produksi kolesterol pada tubuh manusia.

Jaga tekanan darah

Bawang merah juga memiliki manfaat medis sebagai penjaga stabilitas tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan potasium dan allicin pada bawang merah memiliki peran meningkatkan pelepasan nitrat dalam tubuh dan memengaruhi tekanan darah secara langsung.


Meningkatkan sirkulasi darah

Dalam penelitian ilmiah, bawang merah diketahui kaya akan zat besi dan potasium yang bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Mengonsumsi bawang merah terbukti mampu membantu merangsang produksi sel darah merah pada tubuh manusia. Sel darah merah sendiri sangat cdibutuhkan tubuh untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x