Keren! Warga Tiktok Ini Bikin Alat Scan e-KTP untuk Deteksi Vaksinasi Pengganti Peduli Lindungi

- 3 November 2021, 15:01 WIB
Alat Scan e-KTP buatan warga Tiktok yang bisa deteksi vaksinasi seseorang.
Alat Scan e-KTP buatan warga Tiktok yang bisa deteksi vaksinasi seseorang. /Akun Tiktok @ahfproject


PRFMNEWS - Seorang warga di Tiktok berhasil membuat prototipe alat scan e-KTP untuk mendeteksi apakah orang itu sudah divaksin atau belum.

Alat scan itu mirip seperti scanner e-toll yaitu dengan cara menempel kartu e-KTP atau e-SIM yang memiliki chip di dalamnya.

Jika sang pemilik KTP atau SIM itu tercatat sudah divaksin, maka saat kartu ditempel alat akan menunjukkan bahwa dia sudah divaksin sehingga bisa menjadi syarat masuk mall.

Baca Juga: Fitur Peduli Lindungi Bisa Diakses di 50 Aplikasi, Termasuk Grab, Gojek, Tokopedia, hingga Shopee

Pencipta alat ini adalah Ahmad Hafis, yang ia tunjukkan dalam video di Tiktoknya @ahfproject, Selasa 2 November 2021.

"Pernah gak sih pas ke mall atau fasilitas umum suruh scan pedulilindungi tapi batrai hp habis,tidak ada kuota,tidak ada sinyal atau gaptek?," tulisnya dalam caption.

Ahmad bercerita, ia menciptakan alat scan ini berawal dari keluh kesahnya saat mau masuk mall atau fasilitas umum lainnya harus selalu menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dan mengeluarkan HP.

Baca Juga: Perumda Akui Penerapan Peduli Lindungi di Pasar Masih Jauh dari Harapan

Padahal setiap orang mungkin tidak selalu punya HP yang mendukung Peduli Lindungi atau sedang tidak punya kuota internet.

"Berawal dari keluh kesah kalau masuk mall atau ke fasilitas umum harus scan melalui pedulilindungi sedangkan banyak sekali orang yang tidak punya hp, gaptek atau pun lupa mengisi kuota sehingga tidak bisa mengakses aplikasi pedulilindungi. Nah saya kepikiran buat alat ini jadi tinggal scan KTP saja," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x