Hati-hati! Begini Modus Penipuan Voucher Belanja Mengatasnamakan Shopee

- 2 September 2021, 11:12 WIB
Ilustrasi penipuan.
Ilustrasi penipuan. /Pixabay/Sammy-Williams/


PRFMNEWS - Baru-baru ini beredar modus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dengan iming-iming memberikan voucher belanja senilai Rp2 juta melalui pesan Whatsapp.

Modusnya yakni si penipu berpura-pura mengaku dari pihak Shopee dan mengatakan kepada korban bahwa ia mendapat voucher belanja gratis.

Kemudian untuk meyakinkannya, si penipu akan meminta korban memasukkan nomor HP dan kode aktivasi voucher yang sebenarnya itu adalah kode verifikasi atau kode OTP.

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan Jual Beli Online, Warga Bandung Ini Rugi Rp43 juta

Melalui akun twitter resminya @ShopeeCare meminta pengguna aplikasi Shopee mengabaikan pesan penipuan tersebut dan jangan sampai memberikan kode OTP karena itu sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain.

"Penipu akan meminta Sobat Shopee memasukkan nomor HP dan Kode Aktivasi Voucvher (yang sebenarnya adalah Kode Verifikasi/OTP. Jika kamu menemukan form seperti ini, segera abaikan," tulis Shopee dalam unggahan twitternya.

Salah seorang pengguna Shopee, Natnat ikut menceritakan pengalamannya hampir menjadi korban penipuan tersebut melalui kolom reply twitter.

Baca Juga: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Minta Sumbangan Pembangunan Rumah Ibadah

Baca Juga: Waspada Penipuan Online! Warga Bandung Ini Kehilangan Ratusan Ribu Setelah Beli Perabotan di Instagram

Ia tiba-tiba mendapat chat Whatsapp dari nomor tak dikenal yakni 081318941949. Seperti modus di atas, si penipu memberitahu Natnat bahwa menerima voucher Shopee senilai Rp2 juta dan meminta Natnat memberitahu 6 angka voucher yang masuk ke HP nya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x