HOAKS ATAU FAKTA : Beredar Obat Kapsul Berisi Paku?

- 4 Maret 2021, 15:03 WIB
Ilustrasi Obat.
Ilustrasi Obat. /Pixabay/ Arcaion



PRFMNEWS - Pengguna media sosial dibikin heboh dengan adanya kabar peredaran obat berisi paku. Pesan berantai ini semakin membuat heboh warganet karena adanya video beserta narasi yang mengimbau masyarakat waspada.

Seperti yang diterima prfmnews.id, pesan berantai tentang kabar peredaran obat kapsul berisi paku termuat dalam video berdurasi 25 detik.

Dari hasil penelusuran prfmnews.id, video yang menampilkan adanya obat bentuk kapsul berisi paku itu diunggah pengguna akun YouTube Haryanto Family Channel.

Baca Juga: Milisi Houthi Akui Menembak Rudal ke Fasilitas Aramco Arab Saudi

Baca Juga: Jumlah Pengangguran di Kota Bandung Naik Akibat Pandemi

Video tersebut menampilkan dua tangan pria dewasa yang sedang beraktivitas melakukan unboxing kapsul berisi paku yang terkemas rapi.

Sementara dari hasil pencocokan video dengan bantuan laman factchek.kg, video yang menampilkan obat kapsul berisi paku sudah pernah diunggah ke media sosial sebelum YouTube Channel Haryanto Family Channel.

Fakta yang ditemukan prfmnews.id, paku-paku dalam kapsul tersebut sengaja dimasukkan oleh pria yang ada dalam video tersebut. Rekaman video itu pun sempat viral di Kazakhstan.

Hoaks obat kapsul berisi paku
Hoaks obat kapsul berisi paku Dok Kominfo.

Komite Pengawasan Medis dan Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Kazakhstan juga telah mengumumkan tidak secara resmi menerima informasi dari konsumen, pemegang sertifikat registrasi, entitas farmasi, atau pun tenaga medis tentang adanya benda asing di dalam obat kapsul merek Enterofuril yang terlihat pada video tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x