Rawan Bencana, BPBD Antisipasi Ancaman Banjir dan Longsor di Kabupaten Bandung

- 14 Oktober 2020, 14:27 WIB
Banjir di Kawasan Sapan Gudang, Kabupaten Bandung, Kamis (1/4/2020). TWITTER @Djalu_Pamungkas
Banjir di Kawasan Sapan Gudang, Kabupaten Bandung, Kamis (1/4/2020). TWITTER @Djalu_Pamungkas /

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo telah megingatkan semua pihak terkait ancaman bencana hidrometeorologi di Indonesia seriring adanya fenomena La Nina di Indonesia.

Karena mulai memasuki musim hujan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Achmad Djohara menjelaskan jika kejadian banjir dan longsor yang terjadi di beberapa daerah lain harus menjadi perhatian banyak pihak di Kabupaten Bandung. Pasalnya, bencana banjir dan longsor sewaktu-waktu sangat bisa terjadi di Kabupaten Bandung.

"Karena menurut kabar dari BMKG juga jadi fenomena La Nina ini akan menimbulkan bencana juga karena akan ada peningkatan akumulasi jumlah hujan yang bisa naik antara 20 hingga 40 persen, jadi ini akan berada di atas normal, jadi ini harus kita waspadai dan sikapi," jelas Achmad saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 14 Oktober 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil Instruksikan Pjs Wali Kota Depok Segera Antisipasi Banjir

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bandung merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang termasuk dalam daerah rawan bencana. Maka dari itu, berbagai persiapan telah dilakukan BPBD Kabupaten Bandung.

Achmad menjelaskan, meskipun pihaknya sudah mulai mengantisipasi bencana hidrometeorologi, saat ini masih banyak laporan dan permintaan bantuan air bersih dari warga. Pasalnya, beberapa wilayah di Kabupaten Bandung masih dilanda kekeringan.

Baca Juga: Waspada La Nina, Masyarakat Bisa Pantau Prakiraan Cuaca Melalui Aplikasi Info BMKG

"Masih ada beberapa masyarakat yang meminta dikirim air bersih," ujarnya.

Selain itu, sambung Achmad, pihaknya juga mulai menerima laporan terkait adanya bencana angin puting beliung.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x