Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Cek Langsung Persiapan Idul Adha di Rumah Potong Hewan Bandung

- 15 Juni 2024, 21:00 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan /Tangkap Layar Instagram @zul.hasan

PRFMNEWS - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan melakukan pengecekan langsung persiapan Idul Adha 1145 hijriyah di Kota Bandung, Sabtu 15 Juni 2024.

Usai meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Arjuna Nomor 25 Ciroyom, Kota Bandung, Zulkifli Hasan menganjurkan masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di RPH sebagai antisipasi penyebaran penyakit penyakit mulut dan kuku (PMK) serta Lumpy Skin Disease (LSD).

“Oleh karena itu, kita mengimbau masyarakat yang ingin berkurban, silahkan bawa ke rumah potong hewan. Dijamin bagus, bersih karena memang tidak boleh lagi memotong hewan sembarangan,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Rendang Rendah Kalori Sebagai Sajian Idul Adha 2024, Aman Buat Pengidap Kolesterol

Menteri yang akrab disapa Zulhas itu menjelaskan, hewan kurban yang dilakukan pemotongan di RPH akan diperiksa secara ante mortem dan post mortem oleh petugas untuk menjamin kesehatan dari hewan tersebut.

Ante mortem sendiri merupakan pemeriksaan kesehatan sebelum objek atau hewan kurban mengalami kematian. Sedangkan, post mortem pemeriksaan kesehatan setelah objek disembelih atau dipotong.

“Jadi kalau sudah sampai dagingnya diambil, diperiksa lagi. Dagingnya bagus, sehat, layak atau tidak jadi sangat dijamin,” jelas Zulhas.

Baca Juga: Resep Tumis Sapi Lada Hitam Lezat Menggoda Lidah, Ide Sajian Idul Adha 2024

Menurut Zulhas, pemotongan hewan kurban di RPH lebih terkontrol dan higienis dibandingkan dengan melakukannya di lingkungan permukiman.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah