Kafe dan Resto di Bandung Akan Jadi Lokasi Permainan Angklung, Pemkot Siapkan Aturannya

- 12 Juni 2024, 14:20 WIB
12 Jam Bandung Ngurulung Angklung
12 Jam Bandung Ngurulung Angklung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) berencana menjadikan kafe dan restoran sebagai lokasi pertunjukkan permainan angklung. Hal ini menyusul Kota Bandung memecahkan rekor bermain angklung terlama, yakni 12 jam nonstop atau tanpa berhenti pada malam puncak acara “12 Jam Bandung Ngurulung Angklung” baru-baru ini.

Atas raihan prestasi di bidang seni budaya ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung akan menyusun peraturan agar permainan angklung dapat ditampilkan di ruang publik, termasuk kafe dan restoran sebagai wujud pengenalan sekaligus pelestarian alat musik khas Jawa Barat ini.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kepala Disbudpar Kota Bandung Arif Syaifudin menyebut pihaknya tengah menyiapkan surat edaran (SE) berisi rincian aturan agar angklung dapat diperkenalkan di kafe dan restoran yang ada di kota berjuluk Paris van Java ini.

"Kami telah memecahkan rekor. Sebagai upaya pelestarian, kami sedang menyusun surat edaran agar angklung dapat diperkenalkan di kafe atau resto yang ada di Kota Bandung," ujar Arif, Sabtu 8 Juni 2024.

Baca Juga: Hade! Kota Bandung Pecahkan Rekor Permainan Angklung 12 Jam Nonstop, Terlama di Indonesia

Dukungan memperkenalkan hingga melestarikan angklung agar terus diketahui masyarakat luas melalui beragam upaya termasuk menampilkannya di cafe dan restoran, turut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bandung, Eric M. Attauriq.

"Kami selalu mendukung penuh berbagai aktivitas yang dapat melestarikan dan memperluas pengenalan budaya, khususnya bagi perkembangan angklung di mata masyarakat," ucap Eric.

Eric pun mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk terus melestarikan budaya angklung, baik melalui kegiatan seni maupun aktivitas lain yang dikemas oleh aspek inovasi dan kreativitas. Hal itu agar eksistensi angklung dapat terjaga dan terus berkembang di segala zaman.

"Kami mendorong keterlibatan aktif aspek pemerintah dengan seluruh masyarakat sebagai upaya menjalin kolaborasi dan sinergisitas dalam mewujudkan Kota Bandung maju berkelanjutan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah