Presiden Jokowi Pindahkan Posisi Bey Machmudin dari Deputi Setpres ke Staf Ahli Kemensetneg

- 4 April 2024, 16:00 WIB
Bey Machmudin saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cirebon Dalam Rangka Hari Jadi Ke-542 di gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa (2/4/2024).
Bey Machmudin saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cirebon Dalam Rangka Hari Jadi Ke-542 di gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa (2/4/2024). /Biro Adpim Jabar

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggeser jabatan Bey Machmudin dari semula Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) di lingkungan Istana, kini menjadi Staf Ahli Komunikasi Politik dan Kehumasan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Rotasi jabatan terhadap Bey Machmudin dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 35/TPA tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemensetneg, dan Keputusan Mensesneg Nomor 73 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Administrator dan Pengawas di Lingkungan Kemensetneg.

Bey Machmudin resmi menjabat sebagai Staf Ahli Komunikasi Politik dan Kehumasan Kemensetneg usai menjalani pelantikan di Gedung Kemensetneg Jakarta yang dipimpin langsung oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno pada Rabu, 3 April 2024.

Baca Juga: Alasan Istana Rotasi Jabatan Bey Machmudin yang Kini Menjadi Staf Ahli Kemensesneg

Selain Bey Machmudin, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau setara Eselon I yang ikut dirotasi adalah Sari Harjanti sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kemaritiman, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan. Sari Harjanti sebelumnya merupakan Staf Ahli Komunikasi Politik dan Kehumasan yang kini dijabat Bey.

Pratikno menjelaskan bahwa rotasi Bey tidak lepas dari posisinya yang merangkap sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar). Pratikno menilai posisi Setpres yang juga sibuk membuat beban kerja Bey terlalu tinggi sehingga perlu dilakukan rotasi.

"Jadi agar Pak Bey juga enggak pontang-panting karena Deputi di Setpres kan sibuk sekali dengan kegiatan Pak Presiden yang selalu padat," tutur dia.

Baca Juga: Tanggapi Kasus Korupsi CCTV Kota Bandung, Bey Machmudin: Kita Harus Menghormati Proses Hukum

Di saat bersamaan, dilakukan pula pelantikan terhadap tiga Pejabat Administrator di lingkungan Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) yang juga dilantik yaitu Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa sebagai Kepala Bagian Dukungan Pembinaan dan Pelayanan Personel TNI dan Polri, Letkol Mar. Irfan Bhatara sebagai Kepala Bagian Administrasi dan Pengelolaan Data, dan Letkol Sus. Budi Utomo Taufan sebagai Kepala Bagian Penyelidikan dan Pengamanan Khusus.

Bersama lima pejabat tersebut, Mensesneg juga mengambil sumpah jabatan tiga Pejabat Pengawas yang terdiri atas Kepala Subbagian Pengamanan Presiden, Letkol Inf. Mokhammad Husnur Rofiq; Kepala Subbagian Penyiapan Sarana dan Prasarana Pengamanan, Mayor Laut (E) Irawan Prasetyo; dan Kepala Subbagian Sarana dan Prasarana Perjalanan, Biro Protokol dan Kerumahtanggaan, Sekretariat Wakil Presiden, Arif Alfan Haji.

Mensesneg menyampaikan selamat dan rasa terima kasih kepada para pejabat baik yang melalui rotasi jajaran internal kementerian maupun pejabat yang mendapatkan promosi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x