Hati-hati, Disperindag Jabar Temukan Beberapa Bahan Pangan Berbahaya di Pasar Lembang Bandung

- 29 Maret 2024, 08:30 WIB
Pemeriksaan bahan makanan di Pasar Lembang Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 28 Maret 2024.
Pemeriksaan bahan makanan di Pasar Lembang Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 28 Maret 2024. /Disperindag Jabar/

LEMBANG, PRFMNEWS - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menemukan beberapa bahan makanan mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan saat sidak ke Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 28 Maret 2024.

Atas temuan beberapa bahan pangan berbahaya ini, Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih meminta masyarakat selaku konsumen agar lebih cerdas dalam memilah produk makanan dan selalu waspada, karena oknum produsen dan pedagang yang curang selalu ada di manapun.

"Jadi untuk konsumen lebih hati-hati, bahwa ada produk yang berbahaya. Kita ada program konsumen cerdas. Bagaimana konsumen meneliti barang. Kalau tidak ada label, harus waspada. Cari merek yang jelas, PIRT, kadaluarsa, halal. Itu lebih menjamin," ujar Noneng di Lembang, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Bahaya! Ini 9 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali Saat Sahur

Noneng menyebutkan bahan makanan berbahaya yang ditemukan pihaknya saat sidak di Pasar Panorama Lembang bersama Dinas Kesehatan, DKPP, BPOM, dan kepolisian antara lain asin cumi dan teri yang mengandung formalin. Ada pula terasi merah mengandung pewarna kimia berbahaya untuk tekstil dan rhodamin B.

“Dari BPOM tadi ada mie basah tidak pakai kemasan (curah) positif formalin. Kerupuk kembang tahu terdapat rhodamin B. Ini akan ditindaklanjuti karena tidak mungkin dibiarkan beredar," tuturnya.

Selain itu, lanjut Noneng, turut ditemukan suspek boraks pada kulit sapi dan kulit ayam yang dijual pedagang, kemudian ada beberapa produk kemasan yang tidak memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan tanggal kadaluarsa.

"Sementara selebihnya aman. Beras aman, tidak ada yang mengandung klorin. Cabai rawit aman, sayuran aman tidak ada pestisida," ucapnya.

Baca Juga: BPOM Cabut Izin Edar 4 Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai dengan Norma Kesusilaan, Ini Rinciannya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x