Tol Dalam Kota Bandung Masuk PSN 2024, Pj Gubernur Jabar Ungkap Kabar Terkini Rencana Pembangunan

- 27 Maret 2024, 21:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin /Humas Jabar

BANDUNG, PRFMNEWS – Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) resmi masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) di Jawa Barat (Jabar) tahun 2024 bersama jalan akses Pelabuhan Patimban.

Update kabar rencana pembangunan Tol Dalam Kota Bandung yang diyakini akan menjadi salah satu solusi mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Kembang ini diungkap Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Bey Machmudin menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan berkoordinasi dengan dua kementerian terkait sehubungan dengan proyek Tol BIUTR yang resmi masuk daftar PSN dari pemerintah pusat untuk wilayah Jabar.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian PUPR. Apa yang bisa kami siapkan agar lebih cepat lagi dalam pelaksanaan dan sosialisasi ke masyarakat," kata Bey di Gedung Sate Bandung, Selasa 26 Maret 2024.

Kata Bey, proyek Tol Dalam Kota Bandung, setelah masuk daftar PSN maka akan lebih mendapatkan fokus perhatian dan fasilitasi dari pemerintah pusat termasuk mengenai pembebasan lahan yang ditangani oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Karena pembebasan lahan biasanya menjadi kendala dalam proyek infrastruktur," ucapnya.

Bey berharap ke depan dukungan pemerintah pusat untuk Bandung Raya tidak hanya berlaku pada proyek BIUTR ini saja, tetapi juga ada pendukung lainnya bagi transportasi di Bandung Raya yang lebih baik.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa pembangunan Tol Dalam Kota Bandung bakal dilanjutkan setelah 17 tahun tertunda untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," kata Basuki Hadimuljono seusai pertemuan dengan Bey Machmudin di Kantor PUPR Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x