BBPOM Bandung Ingatkan Warga untuk 'Cek KLIK' Agar Bisa Nikmati Takjil dan Parsel yang Aman

- 21 Maret 2024, 20:30 WIB
Ketua Tim Pemeriksaan BBPOM Bandung, Leni Maryati
Ketua Tim Pemeriksaan BBPOM Bandung, Leni Maryati /Diskominfo Kota Bandung

BANDUNG, PRFMNEWS - Bulan Ramadan identik dengan tingginya konsumsi dari mulai keperluan takjil, parsel lebaran, termasuk penggunaan obat seperti kosmetik bagi sebagian orang.

Berkaca pada hal tersebut, mari kita pahami istilah 'Cek KLIK' yang disosialisasikan Balai Besar Pengawas Obat Makanan (BBPOM) Bandung.

Ketua Tim Pemeriksaan BBPOM Bandung, Leni Maryati menjelaskan KLIK yang dimaksud yaitu mengecek 4 elemen dalam produk makanan serta obat yang hendak dibeli atau dikonsumsi, yaitu Kemasan, Label, Izin edar, serta Kadaluwarsa.

Baca Juga: Posisi Monyet Liar di Bandung Masih Berada di Kawasan Adipura Gedebage Hari ini

"Lakukan Cek KLIK. Masyarakat juga bisa mengecek (terkait empat unsur yang dimaksud) melalui aplikasi BPOM Mobile. Tinggal masukkan saja nomor izin edar yang tertera pada produk kemasan," papar segmen Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis 21 Maret 2024.

Selain cara tersebut, masyarakat juga bisa memindai kode (scan barcode) yang tertera pada produk makanan atau obat yang hendak dikonsumsi.

Di sisi lain, Leni menjelaskan upaya yang dilakukan BBPOM Bandung, antara lain dengan melakukan pengawasan pangan dan obat-obatan. Mulai dari lapak tradisional, ritel, hingga apotik.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Pangalengan, Ada Wahana Rainbow Slide Hingga Gokart

"Kami melakukan pengawasan mutu produknya. Betul tidak jenis obat atau makanannya jenis tertentu, kita lihat komposisinya," terang Leni.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x