Pelebaran Jalan Gedebage Selatan Dinilai Bisa Jadi Solusi Kemacetan di Gedebage

- 15 Februari 2024, 09:30 WIB
Kondisi kemacetan di Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung yang mengarah ke kawasan Gedebage
Kondisi kemacetan di Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung yang mengarah ke kawasan Gedebage /Pikiran-Rakyat/Yudianto Nugraha./

GEDEBAGE, PRFMNEWS - Kawasan Gedebage dan sekitarnya kerap mengalami kemacetan terutama di akhir pekan karena banyaknya kegiatan di pusat keramaian yang baru bermunculan di sana.

Sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan di Gedebage dan sekitarnya beberapa pihak mengusulkan agar adanya pelebaran jalan Gedebage Selatan.

Salah satunya Anggota DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat mengusulkan agar ada pelebaran jalan Gedebage selatan.

Dia pun menganggap penutupan exit tol KM 149 menjadi salah satu biang kemacetan di Gedebage.

Baca Juga: DPRD dan Pemkot Bandung Satu Suara untuk Solusi Macet di Gedebage

"Ya, kami memantau memang saat ini kemacetannya terutama pada akhir pekan itu sangat luar biasa. Penutupan akses tol KM 149 itu menjadi salah satu penyebab. Karena di Gedebage itu akses jalannya sangat sempit karena itu kami usulkan pelebaran jalan perlu dilakukan di kawasan Gedebage Selatan," kata Asep dikutip dari laman resmi DPRD Kota Bandung.

Terkait pelebaran jalan Gedebage Selatan, pemerintah kota (Pemkot) Bandung pun setuju.

Namun untuk pelebaran jalan Gedebage Selatan pemkot Bandung hanya bisa mendorong saja sebab kewenangannya ada di pemerintah provinsi Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Wisata ke Gedebage Makin Mudah Naik Ragam Transportasi Umum dari 9 Lokasi, Ada Bus hingga Kereta Api

"Kalau yang di Gedebage kita dorong pelebaran Gedebage selatan. Jalan ini milik provinsi. Kalau jalan tersebut dilebarkan bisa mengurai kemacetan dan itu bisa nyambung ke Ciwastra. Walaupun Ciwastra juga berat macet. Namun sekali lagi itu kewenangan provinsi," ungkap Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x