Dikeluhkan Penumpang, Bayar Bus TMP Bandung Raya Lewat ScanQRIS di 2 Koridor Sudah Dihapus?

- 9 Februari 2024, 18:30 WIB
Trans Metro Pasundan (TMP) atau Teman Bus Bandung
Trans Metro Pasundan (TMP) atau Teman Bus Bandung /PRFM

PRFMNEWS – Keluhan penumpang terkait kendala pembayaran layanan bus Trans Metro Pasundan (TMP) pada dua koridor yakni Koridor 2 dan 3, baru-baru ini bermunculan di media sosial. Mereka mengaku tidak bisa membayar lewat scan QRIS melalui mobile banking dan hanya dapat bertransaksi menggunakan kartu uang elektronik (kartu e-money) tertentu.

Banyak penumpang mengeluhkan gagal dan sulit melakukan pembayaran layanan bus TMP Koridor 2 Alun-alun Bandung – Kota Baru Parahyangan (Padalarang) dan Koridor 3 Baleendah – Bandung Electronic Centre (BEC), ketika menggunakan metode scan QRIS melalui mobile banking.

Menjawab alasan kenapa pembayaran bus TMP Koridor 2 dan Koridor 3 selalu gagal jika menggunakan metode scan QRIS melalui mobile banking, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan penjelasan.

Baca Juga: Kronologi Tabrakan Beruntun di Jalan Gatsu Bandung, Terduga Pelaku Kabur

“Wargi mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Berikut ini alasan kenapa TMP Koridor 2 dan 3 tidak bisa melakukan pembayaran,” tulis Dishub Jabar dalam keterangan unggahan di akun Instagram @dishubjabar, Jumat 9 Februari 2024.

Alasan kendala pembayaran tersebut terjadi karena tata kelola bus TMP Bandung Raya pada Koridor 2 dan 3 sudah berbeda. Awalnya lima koridor TMP Bandung Raya dikelola seluruhnya oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), namun kini, 2 koridor tersebut akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Dishub Jabar lanjut menjelaskan, akibat adanya proses pengambilalihan status pengelolaan dua koridor bus TMP Bandung Raya tersebut dari Ditjen Hubdat Kemenhub ke Pemprov Jabar, maka saat ini tengah dilakukan tahap maintenance termasuk berkaitan dengan metode pembayaran layanan.

Baca Juga: Kemacetan Gedebage Makin Parah, Anggota DPRD Kota Bandung Minta Pemerintah Terapkan 2 Solusi ini

Proses maintenance inilah yang mengakibatkan proses transaksi layanan bus TMP Bandung Raya pada koridor 2 dan 3 mengalami gangguan khususnya jika menggunakan metode scan QRIS di mobile banking, sebab Dishub Jabar sedang berkoordinasi dengan pihak ke-3 selaku mitra pembayaran.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x