Bocoran KAI, Kereta Api Baru ke Banyuwangi dari Jakarta, Bandung, Malang Bakal Segera Beroperasi

- 26 Januari 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi perjalanan kereta api.
Ilustrasi perjalanan kereta api. /Humas PT KAI/

PRFMNEWS – PT KAI berencana meluncurkan kereta api (KA) baru untuk melayani rute perjalanan ke Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) dengan keberangkatan dari Jakarta, Malang, dan Bandung. Hal ini seiring semakin tingginya angka kunjungan wisatawan ke wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Rencana KA baru akan hadir melayani relasi Jakarta, Bandung, dan Malang ke Banyuwangi berlaku pulang-pergi (PP) ini diungkap Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Buntar Ris Wirawan, bersama jajaran saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi, Kamis 25 Januari 2024.

Buntar menjelaskan, KA baru yang akan melayani rute Banyuwangi - Malang (PP) akan menggunakan kereta kelas eksekutif. Pembukaan rute ini sebagai respons atas tingginya animo penumpang terhadap rute tersebut yang selama ini hanya dilayani oleh KA Tawang Alun kelas ekonomi bersubsidi atau PSO.

Baca Juga: Bunga Bangkai Raksasa di Tahura Bandung Kembali Mekar, Begini Penampakannya

“Saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 lalu, tiket untuk relasi Banyuwangi - Malang selalu ludes diserbu penumpang. Bahkan tiket sudah sold out sejak pertengahan Desember 2023 hingga awal Januari 2024. Inilah yang membuat kami sangat bersemangat menambah layanan ini,” kata Buntar dalam keterangan tertulis di laman resmi Pemkab Banyuwangi.

Terkait mulai kapan jadwal perjalanan KA baru rute Banyuwangi - Malang (PP) ini beroperasi, Buntar menyebut masih menunggu turunnya izin tentang penambahan relasi tersebut yang disebutnya akan menggunakan rangkaian set kereta baru.

Semoga semuanya lancar agar bisa beroperasi dalam 2 bulan ke depan. Hadirnya relasi baru dengan kelas eksekutif ini, harapannya semakin mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Inilah bentuk dukungan kami untuk kemajuan pariwisata di sini,” ujar dia.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal Truk di Cipongkor Sebabkan 5 Korban Meninggal dan Puluhan Orang Luka

Sedangkan terkait rute Banyuwangi - Jakarta (PP), dia mengungkap rencananya akan dilayani menggunakan KA Blambangan Ekspres yang saat ini sudah beroperasi melayani relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Banyuwangi (PP).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x