Diungkap Menkominfo di Kota Bandung, Penyebaran Hoaks Naik Drastis Jelang Pemilu 2024

- 18 Januari 2024, 20:30 WIB
Menkominfo Budi Arie di Kota Bandung
Menkominfo Budi Arie di Kota Bandung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menyatakan, penyebaran berita bohong alias hoaks naik drastis menjelang Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkap Menkominfo Budi Arie Dalam acara "Demi Indonesia Cerdas Memilih" yang digelar di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis 18 Januari 2024.

"Persebaran isu hoaks di tahun 2018-2019 berjumlah 714. Ada penurunan di tahun-tahun berikutnya. Namun, menjelang pemilu 2024 isu hoaks kembali naik menjadi 204 sejak Januari 2023 sampai Januari 2024," paparnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Mulai Operasikan 4 Rute BRT Bandung Raya di 2024, Termasuk 2 Koridor Baru Pendukung Whoosh

Disebutkan Budi Arie, kekacauan informasi merupakan tantangan di era digital. Sebanyak 62 persen pengguna internet pernah melihat kekacauan informasi di media sosial. 87 persen di antaranya percaya disinformasi mempengaruhi politik di negaranya.

"Isu hoaks memang meningkat, tapi kami dari Kominfo langsung mengantisipasi dengan take down info-info yang tidak valid. Sampai sekarang kami masih tindak sesuai kewenangan, tapi kalau ada konsekuensi hukum, itu aparat hukum yang mengeksekusinya," ujarnya.

Oleh karena itu, Budi Arie mengimbau masyarakat, terutama kaumg muda di Kota Bandung agar bisa bijak dalam menyaring informasi dan memilih calon pemimpinnya.
Sebagai informasi, 56 persen pemilih Pemilu di Indonesia adalah anak muda.

Baca Juga: Cerita Akun Instagram Miliknya Sempat Kena Hack, Mahfud MD: Pelaku Posting Satu Video

"Silakan memilih yang bijak, bijak dalam bersuara terutama jempolnya. Jempol harus dijaga di dunia maya, sehingga tidak menyebarkan hoaks sebelum membaca. Saring sebelum sharing," jelasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x