Ditambah di 2 Lokasi, Face Recognition Boarding Gate KAI Kini Tersedia di 11 Stasiun Kereta Api

- 27 Desember 2023, 20:00 WIB
Fitur Face Recognition di Stasiun yang dikelola PT Kereta Api Indonesia
Fitur Face Recognition di Stasiun yang dikelola PT Kereta Api Indonesia /Dok PT KAI

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah keberadaan fasilitas Face Recognition Boarding Gate untuk mempermudah proses check-in penumpang di stasiun cukup dengan menunjukkan wajah ke alat sensor selama sudah memiliki tiket aktif perjalanan kereta api di tanggal keberangkatan yang dipilih.

Fasilitas Face Recognition Boarding Gate untuk memudahkan proses check-in penumpang kereta api (KA) kini telah dipasang di dua lokasi baru yakni Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, sejak Sabtu 23 Desember 2023, dan di Stasiun Madiun, Jawa Timur, sejak Selasa 26 Desember 2023.

Sehingga saat ini, Face Recognition Boarding Gate telah tersedia di total 11 stasiun yakni Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan, Gambir, Cirebon, Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, dan Madiun.

Baca Juga: Tinggal Klik! 30 Link Twibbon Tahun Baru 2024, Desain Gemoy Terbaru Cocok untuk Posting ke Medsos dan WA

“Hadirnya Face Recognition Boarding Gate bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA jarak jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, ataupun KTP,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Rabu 27 Desember 2023.

Joni lanjut mengimbau agar para calon penumpang KA untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk sampai di stasiun keberangkatan. Tujuannya jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya.

KAI pun mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19 yang belakangan mengalami tren kenaikan kasus.

Imbauan tersebut disampaikan KAI mengingat pergerakan penumpang KA pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 juga mengalami peningkatan. KAI mencatat volume penumpang KA selama seminggu yakni 21 s.d. 27 Desember 2023 telah mencapai 1.413.011 orang.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Pemandian Air Panas di Bandung yang Punya Pemandangan Indah dan Bikin Relaks

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah