Sekarang Musim Hujan Tapi Kenapa Terasa Panas di Bandung? Peneliti BRIN Beberkan Penyebabnya

- 21 Desember 2023, 08:56 WIB
Cuaca terik di Bandung.
Cuaca terik di Bandung. /PRFM

PRFMNEWS - Saat ini sebenarnya Bandung dan sekitarnya serta beberapa daerah lainnya di Jawa Barat (Jabar) dan juga DKI Jakarta sudah memasuki musim hujan.

Meski di tengah musim hujan, nyatanya dalam beberapa hari terakhir justru suhu cuaca panas terasa di Bandung dan Jakarta terutama di siang hari bahkan juga terasa di malam hari.

"Ini kan anomali karena seharusnya Desember - Januari kita mengenal sebagai periode musim hujan bahkan maksimum hujan sudah terjadi mendekati akhir dasarian akhir Desember dan di awal dasarian pertama Januari," jelas Climatologist di Research Center for Climate and Atmosphere Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bandung, Dr. Erma Yulihastin saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini Kamis, 21 Desember 2023.

Baca Juga: Selain Jabar, Cuaca Panas Gerah Saat Musim Hujan Diprediksi Terjadi di Daerah Lain, Kapan Berakhir?

Erma menjelaskan, terjadinya hari tanpa hujan atau dry spells di musim hujan yang menyebabkan adanya cuaca panas ini merupakan efek dari el nino.

El nino, jelas Erma, memodifikasi dua hal yaitu mengubah musim dan juga mengubah cuaca.

"Mengubah musimnya dengan cara apa? ya kemaraunya lebih panjang dan sifatnya lebih kering," jelasnya.

"Bagaimana el nino memodifkasi musim hujan? yaitu dengan menimbulkan musim hujan yang kering yang menunjukkan bahwa hari-hari kering tanpa hujannya selama musim hujan akan sering terjadi," lanjutnya.

Baca Juga: Bandung Musim Hujan Tapi Suasana Terasa Gerah, BMKG Berikan Penjelasan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x