TPS Gedebage Direncanakan Mulai Beroperasi Akhir November 2023, 10 Mesin Gibrik Disiapkan Pemkot Bandung

- 16 November 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi sampah di Kota Bandung
Ilustrasi sampah di Kota Bandung //Dok PRFM

PRFMNEWS - Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Gedebage, Kota Bandung direncanakan mulai beroperasi pada akhir November 2023 ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengungkapkan, di TPS Gedebage, sebanyak 10 Mesin Gibrik disiapkan oleh Pemerintah Kota Bandung.

"Di sana (TPS Gedebage) sampah diolah, jadi bukan menumpuk. Mulai maggot, kompos hingga pencacah mesin gibrik ada 10 mesin. Mudah-mudahan akhir November selesai," ujarnya pada Kamis, 16 November 2023.

Baca Juga: Seorang Warga Kepergok Turunkan Patung Maung Bandung

Dibeberkan Dudy, saat ini TPS Gedebage masih dalam tahap persiapan. Dalam waktu dekat juga akan disiapkan biofoam untuk kandang maggot.

"Sekarang dalam tahapan baru dicor dan menunggu pengeringan. Minggu ini sedang menyiapkan biofoam untuk kandang maggot," ujarnya.

Dudy menjelaskan, saat ini baru 100 ton sampah yang sudah tereduksi dari 1.200 ton sampah seluruh Kota Bandung. Sedangkan sekitar 20.000 ton sampah masih tertahan, yang tersebar di 8 TPS masih overload, hingga sampah di pinggir jalan.

Baca Juga: Wajib Netral! Ini Daftar Larangan Bagi ASN Jelang Pemilu 2024 di Dunia Nyata Maupun Maya

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, jumlah ritasi pembuangan sampah ke TPA Sarimukti untuk Kota Bandung berkurang dari 241 menjadi 180 ritasi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah