Waspada Cacar Monyet di Bandung, Kenali Gejala Khas yang Beda dari Cacar Air dan Cara Penularannya

- 1 November 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox
Ilustrasi penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox /Pixabay/Gerd Altmann

PRFMNEWS – Satu kasus cacar monyet atau monkeypox (mpox) di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) telah dikonfirmasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Pasien adalah warga asli Kota Bandung yang dinyatakan positif mpox dari hasil pemeriksaan laboratorium Rumah Sakit (RS) Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung dr. Ira Dewi Jani menyampaikan, saat ini pasien cacar monyet yang merupakan seorang pria usia 36 tahun sedang menjalani masa isolasi di RSUP Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Gejala orang terinfeksi virus cacar monyet mirip dengan cacar air meski ada beberapa perbedaan. Penyebabnya pun berbeda, cacar monyet disebabkan oleh virus Monkeypox yang masuk dalam genus Orthopoxvirus. Sedangkan cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster dari genus Varicellovirus.

Baca Juga: Penataan Tuntas Sebentar Lagi, 140 PKL Siap Tempati Basemen Alun-alun Bandung

Cara penularan virus Monkeypox pun ada kemiripan dengan cacar air yang tentunya juga memiliki sejumlah perbedaan. Kontak langsung dengan cairan pada luka atau skin to skin (bersentuhan kulit ke kulit) menjadi salah satu cara virus cacar air maupun cacar monyet menular dari manusia ke manusia.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gejala cacar monyet yang muncul dan dirasakan penderitanya secara lebih detail adalah:
1. Demam dengan suhu tubuh lebih dari 38,5 °C
2. Badan lemah
3. Sakit kepala
4. Nyeri menelan dan batuk
5. Nyeri otot
6. Pembesaran kelenjar getah bening
7. Timbul ruam
8. Muncul lesi cacar

Baca Juga: Kenali Cara Penyebaran Cacar Monyet Serta Pencegahannya

Pada tubuh manusia, gejala monkeypox mirip dengan gejala cacar air, yaitu dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Namun bedanya, cacar monyet menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (Limfadenopati), sedangkan cacar air tidak.

Masa inkubasi cacar monyet antara 6 hingga 13 hari tetapi dapat pula 5 hingga 21 hari. Cacar monyet dapat disembuhkan, namun penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah